Senin, 18 Oktober 2010

proses sablon

Apakah sablon digital itu ?Sablon digital adalah teknik menyablon dengan menggunakan transfer paper dan mesin heat press.
Peralatan bisnis sablon apa saja yang diperlukan?
Peralatan bisnis sablon digital dan bisnis cutting sticker yang diperlukan adalah komputer sebagai media design cutting sticker, printer sebagai alat pencetak, transfer paper sebagai media cetak design, mesin sablon heat press dan mesin cutting sticker sebagai alat untuk memindahkan design ke kain. Selain peralatan utama mesin cutting sticker dan mesin sablon digital tersebut biasanya dibutuhkan juga peralatan pendamping seperti gunting, cutter sticker, masking tape, plastik penahan panas, dsb.
Bagaimana proses mesin sablon?
Proses mesin sablon digital sangat singkat yaitu design bisnis sablon di cetak di atas transfer paper menggunakan printer kemudian kertas transfer tersebut dipress bersama kain dengan tekanan dan panas tertentun selama kurang lebih 15-30 detik, dinginkan kemudian kelupas plastik penahan panasnya dan gambar akan menempel di atas kain
Apa kelebihan & kelemahan bisnis sablon digital?
Kelebihan sablon digital dan cutting sticker adalah sebagai berikut :1. Proses pengerjaan bisnis cutting sticker mudah dan cepat.2. Mampu menyablon sticker satuan dan dengan warna yang sulit seperti photo.3. Lebih simple dibandingkan sablon manual
Kelemahan sablon digital adalah sebagai berikut :
1. Harga produksi cenderung flat sehingga tidak bisa memproduksi dalam jumlah banyak kecuali untuk proses sublimasi.2. Tidak cocok untuk design huruf atau model bercak-bercak yang terlalu kecil karena akan menyulitkan ketika proses cutting konturnya
http://kamissore.blogspot.com/2009/06/proses-sablon.html

proses perhitungan dalam produksi

PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PERSATUAN (PROSES)
APABILA PRODUK HILANG PADA AKHIR PROSES.

PT. Eliona sari memproduksi produknya melalui dua departemen. Data produksi untuk bulan Januari 2004 adalah sbb. :

Dept. A Dept. B
Produk yang dimasukkan dalam proses 1.000 kg -
Produk selesai ditranfer ke Dept. B 700 Kg
Produk selesai di tranfer ke gudang - 400 Kg.

Produk dalam proses akhir bulan dengan
Tingkat penyelesaian sbb. :

-By. Bahan baku dan penolong 100%, dan
by. Konversi 40%. 200 kg -

- Biaya bahan Penolong 60%, dan
by. Konversi 50% ……………………………………………………… 100 kg.

Produk yang hilang pada akhir proses 100 Kg 200 kg

Data biaya yang telah dikeluarkan selama bulan Januari 2004 adalah sbb. :

Dept. A Dept. B
By. Bahan baku Rp. 22.500 -
By. Babahn penolong Rp. 26.100 Rp. 16.100
By, Tenaga kerja Rp. 35.100 Rp. 22.500
By. Overhead Pabrik Rp. 46.800 Rp. 24.750
Jumlah Biaya Rp.130.500 Rp.63.350

Hitung harga pokok produk pada setiap Departemen

JAWAB :

Perhutungan Unit Ekuivalensi dan By perunit yg dihasilkan oleh Departemen A

Jenis Biaya Jml.Produk yg dihasilkan
Oleh Dep. A
(Unit Ekuivalensi) *) Biaya Produksi
Dept. A
(Rp.) Biaya per Kg Produk dihasilkan Depart. A (Rp.)
Bahan Baku 1.000 kg 22.500 22,50
Bhn.penol. 1.000 kg 26.100 26.10
T. Kerja 880 kg 35.100 39,89
BOP 880 kg 46.800 53,18
Jumlah 130.500 141,67

*) Keterangan
By. Bahan baku : 700 kg + (100% x 200 Kg ) + 100 kg = 1.000 kg
By. Bahan penolong : 700 kg + (100% x 200 Kg) + 100 kg = 1.000 kg
By. T. Kerja : 700 kg + (40% x 200 kg) + 100 kg = 880 kg
BOP : 700 kg + (40% x 200 kg) + 100 kg = 880 kg

Perhitungan Harga Pokok Produk selesai yang ditranfer ke Departemen B

Harga pokok produk selesai yang di Transfer ke Depart. B
700 x Rp. 141.67 = …………………………………….. Rp. 99.169,00
Penyesuaian harga pokok produk selesai karena adanya
Produk yang hilang pada akhir proses : 100 kg x Rp. 141,67 Rp. 14.167,00
-Jadi Harga pokok produk selesai yang ditranfer ke Dept. B
setelah disesuaikan : 700 x Rp. 161,91 *) Rp. 113.334,40 **)

*) (99.169 + 14.167) : 700 = Rp. 161,91
**) disesuaikan agar jumlah biaya sama dengan jumlah biaya
produksi pada Dept. A yaitu Rp. 130.500,-
- Sebenarnya jumlah tersebut adalah Rp. 113,336

Perhitungan Harga Pokok Produk Dalam Proses
Akhir Bulan (200 kg)

- By. Bahan baku 200 kg x 100% x Rp. 22,50 = Rp. 4.500,-
- By. Bahan penolong 200 kg x 100% x Rp. 26,10 = Rp. 5.220,-
- By. Tenaga Kerja 200 kg x 40% x Rp.39,89 = Rp. 3.191,20
- By. OP 200 kg x 40% x Rp. 53,18 = Rp. 4.254,40 17.165,60

Jumlah Biaya produksi Depat. A (sama dengan di soal) Rp. 130.500,00

PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PERSATUAN YANG DITAMBAHKAN PADA DEPARTEMEN B

Perhitungan Unit Ekuivalensi dan By perunit yg ditambahkan pada Depart. B

Jenis Biaya Jml.Produk yg dihasilkan
Oleh Dep. B
(Unit Ekuivalensi) *) Biaya Produksi yg ditambahkan pada
Dept. B
(Rp.) Biaya per Kg yg ditambahkan pd Depart. B (Rp.)
Bhn.penol. 660 kg 16.100 24.39
T. Kerja 650 kg 22.500 34,62
BOP 650 kg 24.750 38,08
Jumlah 63.350 97,09

*) Keterangan
By. Bahan penolong : 400 kg + (60% x 100 Kg) + 200 kg = 660 kg
By. T. Kerja : 400 kg + (50% x 100 kg) + 200 kg = 650 kg
BOP : 400 kg + (50% x 100 kg) + 200 kg = 650 kg

PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUK SELESAI YANG DITRANFER KE GUDANG DAN PRODUK YANG MASIH DALAM PROSES PADSA AKHIR BULAN JANUARI

Harga pokok produk selesai yang di Transfer ke Gudang :
-Harga pokok dari Dept A : 400 kg x Rp. 161,91 Rp. 64.764
-Harga pokok yang ditambahkan pada Dept.B
400 kg x Rp. 97,09 = …………………………. Rp. 38.836
-Harga pokok produk yang hilang pd akhir proses :
200 kg x Rp. Rp. 259 (161,91 + 97,09) Rp. 51.800
Harga pokok selesai yang ditranfer ke Gudang : 400 Kg Rp. 155.400

Harga pokok persediaan barang dalam proses akhir bulan :
-Harga pokok dari Dept. A 100 kg x Rp. 161,91 Rp. 16.191
-By. Bahan penolong : 100 kg x (60% x Rp.24,39) Rp. 1.463,4
-By. Tenaga kerja : 100 x (50% x Rp.34,63) Rp. 1.731
-By. OP. : 100 x (50% x Rp.38,08) Rp. 1.904 (+)
Rp. 21.289,4
Jumlah Biaya Kumulatif dalam Dept. B…………..…Rp.176.689,4

http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/2033848-perhitungan-harga-pokok-produksi-persatuan/

proses belajar fisika

Dalam belajar fisika, siswa dituntut memahami konsep-konsep yang ada karena akan memudahkan siswa dalam meyelesaikan soal, memecahkan masalah dan mengenal gejala alam sekitarnya. Untuk memecahkan masalah, siswa harus mengetahui aturan-aturan yang relevan berdasarkan pada konsep-konsep yang diperolehnya. Dahar (1996) mengemukakan bahwa manusia perlu mengetahui dan memahami sejumlah konsep, sebab konsep merupakan ide yang paling tinggi atau batu-batu pembangun berfikir manusia.

Selama kegiatan belajar berlangsung hendaknya siswa dibiarkan mencari/menemukan sendiri makna sesuatu yang dipelajari. Mereka perlu diberi kesempatan berperan sebagai pemecah masalah seperti yang dilakukan para ilmuwan. Dengan cara tersebut diharapkan mereka mampu memahami konsep-konsep dalam bahasa mereka sendiri. Selain itu disarankan agar pengajaran tidak ditekankan pada kegiatan menghafal informasi/materi dalam bentuk faakta saja dan isi yang terisolir, melainkan pada prinsip-prinsip yang melandasi bidang ilmu tersebut. Dengan memahami prinsip-prinsip siswa akan dapat meneliti dan memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya.
http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2035487-proses-belajar-dalam-fisika/

proses pengbuatan tempe

PROSES PEMBUATAN TEMPE

Sediakan kedele 1 kg Kedele dipilah-pilah, buang kedele yang rusak/busuk Setelah selesai kedelai kemudian direndam semalam Selanjutnya, buang air rendaman dan kedelai dicuci bersih Rebus sampai mendidih kedelai yang sudah selesai dicuci Lakukan perendaman kedelai, sekitar 12-24 jam. Lakukan pencucian dengan air mengalir Kemudian, kedelai dikelupas kulitnya sampai bersih Kedelai yang sudah selesai dikelupas, selanjutnya direbus sampai mendidih Setelah mendidih, kedelai didinginkan/ditiris. Setelah dingin benar, lakukan peragian, 1/2 sendok teh ragi untuk 1 kg kedele Selanjutnya tempe dibungkus, bisa dengan daun pisang atau plastik yang dilubangi dengan paku jarak +- 1 cm. Setelah dibungkus, lakukan proses fermentasi/pemeraman, 24 jam pertama ditutup rapat, lalu dibuka.

http://id.shvoong.com/exact-sciences/1692772-proses-pembuatan-tempe/

proses jual beli barang

22 Februari 2010 - Pertanahan
Proses Jual Beli Tanah
Dikesempatan siang ini habis sholat jumat dan karena banyak yang bertanya bagaimana Cara mengurus jual beli tanah Jual beli tanah merupakan hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Apabila antara penjual dan pembeli sudah bersepakat untuk melakukan jual beli tanah terhadap tanah yang sudah bersertifikat maka beberapa langkah yang harus ditempuh adalah :

1. Akta Jual Beli (AJB) Si penjual dan si pembeli harus datang ke Kantor Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) untuk membuat akta jual beli tanah. PPAT adalah Pejabat umum yang diangkat oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional yang mempunyai kewenangan membuat akta jual beli dimaksud. Siapakah Pejabat yang berwenang membuat Akta Jual -beli tidak lain adalah beliau PPAT Sementara (Camat Setempat) dan Notaris Yang sudah lulus seleksi UJIAN PPAT biasanya ujian ini di laksanakn di kampus STPN (sekolah tinggi Pertanahan Nasioanl)
2. Persyaratan AJB (akte jual beli) yang diperlukan untuk membuat Akta Jual Beli Tanah di Kantor Pembuat Akta Tanah adalah :
 a. Penjual (Pihak Pertama) membawa : Pihak Pertama (penjual) berikut suami/isteri Penjual Asli Sertifikat hak atas tanah yang akan dijual. Kartu Tanda Penduduk Suami dan Isteri yang masih berlaku. Jika Suami/isteri penjual meninggal maka yang harus dibawa adalah Akte Kematian. Bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Terahir dan lima tahun kebelakang Surat Persetujuan Suami/Isteri bagi yang sudah berkeluarga. Kartu Keluarga.
b. Sedangkan calon pembeli (Pihak Kedua) membawa : Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku Kartu Keluarga.
3. Proses pembuatan akta jual beli di Kantot PPAT.

a. Persiapan Pembuatan Akta Jual Beli.

Sebelum membuat akta Jual Beli Pejabat pembuat Akta Tanah melakukan pemeriksaan mengenai keaslian sertifikat ke kantor Pertanahan. Pejual harus membayar Pajak Penghasilan (PPh) yaitu 5% dari Harga Transaksi di bayarkan di Bank atau Kantor Pos. cara perhitungan nanti kita akan bahas di waktu yang akan datang ya Klik disini Penjual harus membayar Pajak Jual beli yaitu dari nilai transaksi -10jt sisanya dikali 5% detailnya bisa di klik disni Calon pembeli dapat membuat pernyataan bahwa dengan membeli tanah tersebut ia tidak menjadi pemegang hak atas tanah yang melebihi ketentuan batas luas maksimum. Surat pernyataan dari penjual bahwa tanah yang dimiliki tidak dalam sengketa. PPAT menolak pembuatan Akta jual Beli apabila tanah yang akan dijual sedang dalam sengketa atau dalam tanggungan di bank.

b. Pembuatan Akta Jual Beli Pembuatan akta
harus dihadiri oleh penjual dan calon pembeli atau orang yang diberi kuasa dengan surat kuasa tertulis jika dikuasakan. Pembuatan akta harus dihadiri oleh sekurang-kurangnya dua orang saksi biasanya dari perangkat desa jika melalui PPAT Sementara (camat) dan kedua pegawai Notaris Jika Melalui NOTARIS PPAT. Pejabat pembuat Akta Tanah membacakan akta dan menjelaskan mengenai isi dan maksud pembuatan akta, Termasuk juga sudah lunas atau belum untuk transaksinya. Bila isi akta telah disetujui oleh penjual dan calon pembeli maka akta ditandatangani oleh penjual, calon pembeli, saksi-saksi dan Pejabat Pembuat Akte Tanah. Akta dibuat 2 lembar asli, satu lembar disimpan di Kantor PPAT dan satu lembar lainnya disampaikan ke Kantor Pertanahan untuk keperluan pendaftaran (balik nama). Kepada penjual dan pembeli masing-masing diberikan salinannya. Dan satu hal lagi mengenai penanggalan akta jual beli segala HAK dan Kewajiban baik dai PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA Detailnya Bisa diklik disni
4. Bagaimana langkah selanjutnya
setelah selesai pembuatan Akta Jual Beli ? Sebelum Akta Jual beli didaftarkan atau diserahkan ke kantor Pertanahan Setempat maka Yang harus dilakukan kwalidasi SSB dikantor PBB.S PPAT kemudian menyerahkan berkas Akta Jual Beli ke Kantor Pertanahan untuk keperluan balik nama sertifikat. Penyerahan harus dilaksanakan selambat-lambatnya tujuh hari kerja sejak ditandatanganinya akta tersebut.
 5. Berkas yang diserahkan itu apa saja ?
Surat permohonan balik nama yang ditandatangani oleh pembeli atau Kuasanya Jika Dikuasakan. Akta jual beli PPAT yang sudah lengkap. Asli Sertifikat hak atas tanah. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) pembeli dan penjual yang masih berlaku dan di ligalisir. Bukti pelunasan pembayaraan Pajak Bumi dan Bangunan tahun Terahir. Bukti pelunasan pembayaran Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan.
 6. Bagaimana prosesnya di Kantor Pertanahan ?
Setelah berkas disampaikan ke Kantor Pertanahan, Kantor Pertanahan memberikan tanda bukti penerimaan permohonan balik nama kepada PPAT, selanjutnya oleh PPAT tanda bukti penerimaan ini diserahkan kepada Pembeli. Nama pemegang hak lama (penjual) di dalam buku tanah dan sertifikat dicoret dengan tinta hitam dan diparaf oleh Kepala Kantor Pertanahan atau Pejabat yang ditunjuk. Nama pemegang hak yang baru (pembeli) ditulis pada halaman dan kolom yang ada pada buku tanah dan sertifikat dengan bibubuhi tanggal pencatatan dan ditandatangani oleh Kepala Kantor Pertanahan atau pejabat yang ditunjuk.
(author/paryoto.com)

http://jasamengurustanah.com/proses_jual_beli_tanah_berita12.html

LANGKAH STRATEGIS PERUSAHAAN

Sumber daya manusia dalam perusahaan merupakan aset yang paling berharga. Optimalisasi hasil pencapaian perusahaan akan sangat didukung oleh peningkatan peran para manajer fungsional yang terlibat dalam pengelolaan sumber daya manusia.

Perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat menuntut pengelolaan sumber daya manusia secara terpadu antara pemahaman sistem dan manusia yang ditunjang oleh saling pengertian antar manajer fungsional.

Dewasa ini aspek pengembangan sumber daya manusia semakin mendapat perhatian khusus dari para pimpinan perusahaan. Pimpinan perusahaan memperhatikan aspek sumber daya manusia dalam menentukan pola penentuan strategi dan kebijakan secara terpadu. Pengelolaan faktor sumber daya manusia sangat penting karena memegang peran utama dalam pelaksanaan kegiatan fungsi-fungsi yang lain dalam perusahaan.

http://www.pmbs.ac.id/modules.php?op=modload&name=News&file=article&sid=68&mode=thread&order=0&thold=0

PENGERTIAN SDM

Sumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam pengertian praktis sehari-hari, SDM lebih dimengerti sebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatu organisasi. Oleh karena itu, dalam bidang kajian psikologi, para praktisi SDM harus mengambil penjurusan industri dan organisasi.
Sebagai ilmu, SDM dipelajari dalam manajemen sumber daya manusia atau (MSDM). Dalam bidang ilmu ini, terjadi sintesa antara ilmu manajemen dan psikologi. Mengingat struktur SDM dalam industri-organisasi dipelajari oleh ilmu manajemen, sementara manusia-nya sebagai subyek pelaku adalah bidang kajian ilmu psikologi.
Dewasa ini, perkembangan terbaru memandang SDM bukan sebagai sumber daya belaka, melainkan lebih berupa modal atau aset bagi institusi atau organisasi. Karena itu kemudian muncullah istilah baru di luar H.R. (Human Resources), yaitu H.C. atau Human Capital. Di sini SDM dilihat bukan sekedar sebagai aset utama, tetapi aset yang bernilai dan dapat dilipatgandakan, dikembangkan (bandingkan dengan portfolio investasi) dan juga bukan sebaliknya sebagai liability (beban,cost). Di sini perspektif SDM sebagai investasi bagi institusi atau organisasi lebih mengemuka. [1]

http://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_manusia

DIREKTUR

Direktur (dalam jumlah jamak disebut Dewan Direktur) adalah seseorang yang ditunjuk untuk memimpin Perseroan terbatas (PT). Direktur dapat seseorang yang memiliki perusahaan tersebut atau orang profesional yang ditunjuk oleh pemilik usaha untuk menjalankan dan memimpin perseroan terbatas. Penyebutan direktur dapat bermacam-macam, yaitu dewan manager, dewan gubernur, atau dewan eksekutif.
Di Indonesia pengaturan terhadap direktur terdapat dalam UU No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas dijabarkan fungsi, wewenang, dan tanggung jawab direksi.
Seorang direktur atau dewan direksi dalam jumlah direktur dalam suatu perusahaan (minimal satu), yang dapat dicalonkan sebagai direktur, dan cara pemilihan direktur ditetapkan dalam anggaran dasar perusahaan. Pada umumnya direktur memiliki tugas antara lain:

  1. memimpin perusahaan dengan menerbitkan kebijakan-kebijakan perusahaan
  2. memilih, menetapkan, mengawasi tugas dari karyawan dan kepala bagian (manajer)
  3. menyetujui anggaran tahunan perusahaan
  4. menyampaikan laporan kepada pemegang saham atas kinerja perusahaan
Tanggung jawab dari direktur kepada pihak ketiga dan hukum ditentukan dari jenis perusahaan yang didirikan (Firma, Persekutuan Komanditer (CV), atau Perseroan Terbatas (PT)).

 Direktur di Indonesia

Direktur atau dewan direksi di Indonesia merupakan penyebutan secara umum terhadap pemimpin suatu perusahaan dalam Perseroan Terbatas (PT).

Pengangkatan dan pemberhentian

Direktur diangkat dan diberhentikan dengan persetujuan dari RUPS yang kemudian dilaporkan kepada Menteri Hukum dan HAM untuk dicatatkan dalam daftar wajib perusahaan atas pergantian direktur. Dalam pengangkatan direktur diusulkan oleh anggota RUPS yang memiliki wewenang untuk mengusulkan direktur.

Tugas dan kewenangan

eksternal

  • mewakili PT atas nama perseroan untuk melakukan bisnis dengan perusahaan lain
  • mewakili PT dalam perkara pengadilan

internal

  • mengurus dan mengelola PT untuk kepentingan PT yang sesuai dengan maksud dan tujuan PT
  • menjalankan kepengurusan PT sesuai dengan kebijakan yang tepat (keahlian, peluang, dan kelaziman usaha) yang ditentukan dalam UU Perseroan Terbatas dan anggaran dasar PT

Tanggung jawab

Direktur bertanggung jawab atas kerugian PT yang disebabkan direktur tidak menjalankan kepengurusan PT sesuai dengan maksud dan tujuan PT anggaran dasar, kebijakan yang tepat dalam menjalankan PT serta UU No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. Atas kerugian PT, direktur akan dimintakan pertanggungjawabannya baik secara perdata maupun pidana.
Apabila kerugian PT disebabkan kerugian bisnis dan direktur telah menjalankan kepengurusan PT sesuai dengan maksud dan tujuan PT anggaran dasar, kebijakan yang tepat dalam menjalankan PT serta UU No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas, maka direktur tidak dapat dipersalahkan atas kerugian PT.

http://id.wikipedia.org/wiki/Direktur

TRANSFORMASI SDM

Dalam banyak paparan baik yang tertulis maupun dalam seminar-seminar, upaya untuk meningkatkan peran SDM di berbagai organisasi perusahaan semakin sering kita dengar. Dimulai dari hal-hal yang bersifat mendasar, penyebutan nama unit organisasi SDM misalnya, dan penggunaan nama personalia menjadi Sumber Daya Manusia. Akhir-akhir ini bahkan mulai banyak kita dengar penggunaan nama Human Capital.

Sesuai dengan namanya, peran manajemen SDM pun telah banyak melalui proses transformasi. Dari peran dan fokus pada kegiatan administrasi personalia semata-mata, menjadi mitra bisnis dari jajaran manajemen ini. Manifestasi peran strategis ini salah satunya dapat terlihat dari keterlibatan langsung para pimpinan puncak perusahaan dalam pengambilan keputusan-keputusan strategis SDM; keberadaan anggota direksi yang khusus mengelola aspek perencanaan dan pengembangan SDM.

Sebagaimana dikatakan oleh David Ulrich, seorang pakar dan penulis di bidang SDM : HR should not be defined by what it does but by what it delivers to the organization's customers, investors and employees. Peran dan fokus tidak lagi pada aspek standard staffing dan penyelesaian isu-isu kompensasi misalnya, tetapi lebih pada aspek-aspek yang berorientasi pada outcomes.

Dan berbagai survei dan pengamatan, isu-isu strategis SDM belakangan ini semakin sering kita dengar; semakin banyak menjadi topik bahasan menarik dalam forum-forum eksekutif. Pengembangan kepemimpinan, transformasi organisasi dan budaya perusahaan, identifikasi dan pengelolaan talenta, peningkatan produktivitas dan pembelajaran, perencanaan dan penyelenggaraan program-program pelatihan telah menjadi fokus perhatian para jajaran pimpinan perusahaan. Fenomena ini merupakan gambaran yang amat menggembirakan bagi kita para profesional SDM. Isu SDM tidak lagi semata-mata menjadi isu SDM, tetapi telah menjadi isu strategis para eksekutif pengelola bisnis dan organisasi.

Sekalipun banyak perusahaan yang telah melalui proses transformasi SDM sebagaimana disebutkan di atas, masih banyak perusahaan yang masih mencoba mengidentifikasi di mana sesungguhnya letak permasalahan yang dihadapi, khususnya yang terkait dengan aspek manajemen SDM. Keluhan-keluhan para jajaran eksekutif yang banyak kita dengar antara lain, bahwa manajemen SDM perusahaan tidak dapat merespon cepat kebutuhan-kebutuhan bisnis perusahaan seperti misalnya menurunnya kepuasan pelanggan, pertumbuhan revenue, dll.

Di sisi lain, data dan informasi SDM yang tersedia seringkali sulit dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan-keputusan strategis SDM perusahaan. Kebijakan dan prosedur pengelolaan SDM tidak jelas, tidak konsisten penerapannya. Mengapa kita tidak dapat menarik, mempertahankan tenaga profesional yang handal.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, assessment / kajian terhadap kondisi current state dari manajemen SDM akan sangat membantu. Sebagian perusahaan menggunakan istilah HR Audit; ada yang menggunakan istilah HR Diagnostic Review atau HR Organizational Assessment. Pada intinya semua adalah sama, yaitu mengukur efektivitas pengelolaan SDM perusahaan dalam memenuhi kebutuhan bisnis dan organisasi.

Sebagai suatu perangkat diagnostik awal, berikut kami sajikan suatu kerangka pendekatan yang dapat digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang merasa perlu melaksanakan assessment sebagaimana dijabarkan di atas. Pertama-tama, analisa dan tetapkan fokus / alasan utama mengapa assessment perlu dilakukan. Kelompokkan kemudian informasi / pertanyaan ke dalam sejumlah topik :

• HR mission and vision, objectives and strategy

Adakah keterkaitan antara strategi bisnis dan strategi SDM (misal, di saat fokus bisnis perusahaan adalah pada aspek-aspek pertumbuhan revenue, kepuasan pelanggan, perbaikan kualitas, sejauh mana strategi SDM turut mempertimbangkan program-program seperti pengembangan kepemimpinan, transformasi budaya perusahaan, organisasi dll). Apa yang penting menjadi sasaran utama keberadaan organisasi SDM? Peran SDM?

• HR organizational structure

Berdasarkan sasaran dan strategi yang telah ditetapkan, sejauh mana pengelompokan fungsi-fungsi organisasi SDM menunjang pencapaian sasaran dan strategi? Apakah pengelolaan SDM akan menjadi lebih efisien bila sebagian kegiatan dilakukan di-shared service center / outsource? Berapa jumlah staf yang ada? Profil kompetensi? Sejauh mana profil kompetensi yang ada menunjang pencapaian sasaran dan strategi SDM? Apa yang diharapkan menjadi ukuran kinerja SDM?

• HR policies and practices

Sejauh mana kebijakan-kebijakan SDM yang ada menunjang sasaran dan strategi SDM? Sejauh mana keterkaitan terapan kebijakan dan praktek-praktek SDM dengan hasil (HR outcomes)? Apakah kinerja karyawan meningkat? Absentism menurun? Orientasi karyawan pada pelanggan meningkat? Pendelegasian wewenang pengambilan keputusan berjalan efektif?

• HR Information Technology.

Sejauh mana teknologi mendukung efektivitas dan efisiensi pengelolaan SDM?

• HR client / customer focus

Siapa yang menjadi client/customer (pelanggan) dari SDM? Sejauh mana kepuasan pelanggan SDM diukur? Sejauh mana ukuran kinerja SDM terutama yang terkait dengan aspek kepuasan pelanggan dirumuskan secara jelas? Sejauh mana isu-isu kepuasan pelanggan dikelola? Sejauh mana teknologi menunjang kelangsungan proses SDM dengan HR client?

Mudah-mudahan pertanyaan-pertanyaan diatas dapat bermanfaat dalam menganalisa sejauh mana langkah-langkah untuk meningkatkan lebih jauh efektivitas manajemen SDM perusahaan diperlukan. Sebagaimana disampaikan oleh Ulrich, HR can deliver excellence in four ways: becoming a Partner in Strategy Execution; becoming an Administrative Expert; becoming an Employee Champion; and, becoming a Change Agent.

Kesadaran, kesediaan para eksekutif perusahaan untuk melakukan investasi di SDM sebagaimana halnya investasi di bidang bisnis, ditunjang dengan apresiasi lebih terhadap nilai dan kapabilitas profesional SDM, memungkinkan suatu organisasi merealisasikan potensi dari karyawan yang dimiliki secara lebih optimal.

http://www.portalhr.com/kolom/2id23.html

pengembangan SDM

Sumber daya manusia dalam perusahaan merupakan aset yang paling berharga. Optimalisasi hasil pencapaian perusahaan akan sangat didukung oleh peningkatan peran para manajer fungsional yang terlibat dalam pengelolaan sumber daya manusia.

Perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat menuntut pengelolaan sumber daya manusia secara terpadu antara pemahaman sistem dan manusia yang ditunjang oleh saling pengertian antar manajer fungsional.

Dewasa ini aspek pengembangan sumber daya manusia semakin mendapat perhatian khusus dari para pimpinan perusahaan. Pimpinan perusahaan memperhatikan aspek sumber daya manusia dalam menentukan pola penentuan strategi dan kebijakan secara terpadu. Pengelolaan faktor sumber daya manusia sangat penting karena memegang peran utama dalam pelaksanaan kegiatan fungsi-fungsi yang lain dalam perusahaan.

http://www.pmbs.ac.id/modules.php?op=modload&name=News&file=article&sid=68&mode=thread&order=0&thold=0

promosi sepatu bot

Sahabat semua ini adalah berita unik sekaligus lucu, makanya jangan pada ngeres dulu ya.
Baca dulu sampai tuntas.


Supermodel Senior, Eva Haerzigova, Helena Christensen dan Claudia Schiffer telah membuktikan bahwa usia bukanlah suatu hal yang menjadi penghalang untuk bisa tampil seksi dan mempesona.
Wow!

Para supermodel yang sudah berusia diatas 40 tahun ini dan kalo boleh dibilang nenek-nenek ini, berpose seksi di majalah i-d untuk promosi sepatu boot milik Yves Saint Laurent, Louis Vuitton, Gucci. Para model berpose tanpa mengenakan pakaian dan hanya menggunakan sepatu boot kulit yang tingginya sepaha. Sambil mengedipkan mata yang menggoda untuk menambah kesan menggoda.

"Ini adalah hasil perpaduan karisma tiga ratu dari sekolah model kuno. Pemotretan ini diambil oleh fotografer Kayt Jones, sehingga menghasilkan foto yang seksi."ungkap Claudia,seperti yang dikutip pada news of the world(23/11/09).


Claudia yang berusia 40 tahun mengatakan seorang fotografer handal tidak akan berhenti memotret anda hanya karena batasan usia. Ini mengenai ekspresi dan aura karisma yang anda miliki.

Supermodel yang berasal dari 1 Managemen Model ini juga berpose individu dengan gaya kontemporer, termasuk foto Claudia yang memegang sebuah tas tangan sambil melindungi bagian tubuh vitalnya.

"Mereka memiliki keindahan universal sehingga mereka dapat memakai busana fashion berkelas, perhiasan berkelas dan barang-barang yang lebih komersial ataupun mereka berpose tanapa busana."ungkap Kayt Jones.


Walaupun usia ketiga model tersebut sudah tidak muda lagi,tapi pose seksi mereka itu tergolong masih cukup panas untuk membuat banyak kaum adam terpesona.

http://limadua.forumotion.com/fashion-style-f31/promosi-sepatu-boot-supermodel-berpose-bugil-t80.htm

promosi barang


METAL PEN DUKE WITH DELUXE BOX
Rp200.000   Rp196.000

DESK CLOCK WITH PHOTO FRAME
Rp60.000   Rp42.000

USB FLASH DRIVE SWISS 1GB
Rp190.000   Rp135.000

ALARM CLOCK WITH CALCULATOR
Rp60.000   Rp47.000

MOBILE STATION
Rp80.000   Rp75.000

3 IN 1 STABILO
Rp25.000   Rp16.000

4 IN 1 METAL PEN
Rp41.000   Rp36.000

METAL CLOCK, THERMO & HYGROMETER
Rp90.000   Rp85.000

::: Grosir & Retail Barang-barang Promosi :::

Barang Promosi .Com Jakarta adalah Business Partner dari para perusahaan importir souvenir dan para perwakilan dagang dan manufacture souvenir, berkedudukan di Hongkong dan China yang mengkhususkan diri pada bidang pembuatan serta distribusi souvenir / barang-barang promosi perusahaan.

Produk kami mulai dari Souvenir Jam Meja, Jam Tangan Promosi, Souvenir Name Card Case, Kalkulator, Radio, Pulpen Promosi (Pen Metal dan Pen Plastik), Pen Holder Promosi, Aksesoris Komputer Promosi, Souvenir Gift Set, Mug Promosi, Alumunium Based Souvenir Products, Stationery Set dsb

http://www.barangpromosi.com/

promosi busaha khas indonesia

Delegasi Indonesia kenakan baju Batik, Teluk Belanga dan Kain Ikat di Sidang Dewan HAM PBB
Minggu, 7 Maret 2010, 09:37 WIB
Renne R.A Kawilarang

Delegasi Indonesia kenakan busana tradisional di Sidang Dewan HAM PBB (VIVAnews/PTRI Jenewa)
BERITA TERKAIT
• RI Angkat Isu Sumber Daya Hayati di WTO
• Dewan HAM PBB Kembali Sorot Isu Palestina
• Film Indonesia Laris di Bioskop Swiss
• RI Kembali Gelar Forum PBB untuk Lingkungan
• PBB Puji RI dalam Penanganan Pasca Bencana
VIVAnews - "Mengagumkan sekali penampilan warisan dan kekayaan budaya negeri Anda," demikian lontaran kesan sejumlah duta besar dan anggota diplomasi negara-negara sahabat melihat Delegasi Indonesia (Delri) kompak mengenakan batik dan baju tradisional lainnya.

Peristiwa itu berlangsung di salah satu sesi Sidang Tahunan Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di Jenewa, Swiss. Dalam sesi yang berlangsung Kamis, 4 Maret 2010, para peserta sidang merayakan "Cultural Day," untuk menjunjung keaneka ragaman budaya dan tradisi multi-nasional.

Perayaan ini ditandai dengan pemakaian pakaian/atribut nasional, tradisional dan kebudayaan oleh seluruh delegasi negara-negara anggota PBB.

Wakil Tetap RI untuk PBB, WTO dan Organisasi Internasional Lainnya di Jenewa, Duta Besar Dian Triansyah Djani, sebagai Ketua Delegasi RI (Delri) dalam Sidang DHAM ke-13 telah mengenakan pakaian Teluk Belanga beserta atribut Peci. Sementara anggota Delegasi Indonesia lainnya mengenakan Batik dan Tenun Ikat.

"Acara Cultural Day pada hari ini merupakan acara yang signifkan bagi Dewan HAM PBB sebagai bentuk penghormatan kepada kebebasan ekspresi budaya, serta untuk mendorong dialog dan toleransi antar-budaya dan antar-negara," kata Djani.

Selain itu, Dubes Djani juga mengatakan bahwa acara ini juga merupakan momen yang tepat bagi promosi budaya Indonesia dengan memamerkan kekayaan busana Indonesia melalui Batik, Teluk Belanga dan Kain Ikat.

Indah Nuria Savitri, Sekretaris Ketiga PTRI Jenewa, mengungkapkan bahwa usai persidangan dilanjutkan dengan acara resepsi. Pada resepsi itu PTRI Jenewa turut menyumbang hidangan khas Indonesia.
• VIVAnews

http://dunia.vivanews.com/news/read/134486-promosi_busana_khas_indonesia_di_sidang_pbb

promosi makanan

ntuk menyambut Hari Ulang Tahun RI ke-65, KJRI Osaka bekerjasama dengan Garuda Indonesia perwakilan Osaka serta 10 restoran yang menyajikan masakan Indonesia di wilayah Osaka, Kobe dan Kyoto akan menyelenggarakan promosi makanan Indonesia “Suki Suka Indonesia Ryori no Tabi” dari tanggal 1 hingga 31 Agustus 2010. Khusus untuk promosi makanan Indonesia di hotel Hyatt Regency Osaka, akan dilaksanakan tanggal 21 Agustus hingga 5 September 2010 dengan menghadirkan 2 orang chef dari Hyatt Regency Jakarta.  (Daftar 10 restoran dapat dilihat di sini)
Acara pembukaan Indonesian Food Fair dilangsungkan di Hotel Hyatt Regency Osaka pada hari Jum’at, 30 Juli 2010 dihadiri perwakilan dari Pemda kota Osaka, kalangan media, para pemilik Restoran dan para pecinta Indonesia. Dalam acara pembukaan, Konjen RI Osaka memberikan sambutan sekaligus memperkenalkan para pemilik restoran yang berpartisipasi dalam acara ini. Selanjutnya General Manager Garuda Indonesia perwakilan Osaka dan General Manager Hyatt Regency Osaka turut memberikan sambutan.  Setelah  sambutan, diadakan  pemotongan tumpeng oleh Konjen RI Osaka yang diberikan kepada Manajer Hubungan Internasional dari Kantor Walikota Osaka. Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah sambil mencicipi tumpeng dan makanan ringan Indonesia.
Selama Food Fair berlangsung, masing-masing Restoran akan menawarkan menu khusus yang dapat dipilih oleh para pengunjung restoran. Setiap pengunjung yang memilih menu khusus tersebut akan mendapatkan kupon yang akan diundi pada akhir acara. Hadiah utama bagi pemenang adalah 7 tiket Garuda Indonesia Osaka-Denpasar pulang pergi: 4 tiket gratis dan 3 tiket harga khusus.  Selain tiket pesawat, masing-masing restoran juga mengadakan undian setiap akhir pekan untuk hadiah hiburan bagi para pengunjung. Jadi, mari kita ramai-ramai berkunjung dan mencoba masakan Indonesia di restoran-restoran yang ikut berpartisipasi dalam acara ini! 


definisi promisi

Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Tujuan Promosi di antaranya adalah:
  1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
  2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
  3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
  4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
  5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
  6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
Beberapa cara untuk melakukan promosi adalah:
  1. Melalui e-mail
  2. Melalui sms
  3. Melalui pembicaraan
  4. Melalui iklan
  5. dll
Contoh promosi antara lain:
  1. Pasang iklan di tv mengenai produk baru perusahaan X
  2. Kirim 5 sms, dapat 10 sms gratis ke semua operator
  3. Beli kaos kaki seharga Rp. 30.000,00 dapat 2 kaos kaki gratis
  4. Diskon 50% bagi produk tertentu di Department Store
  5. Beli coklat malam hari dapat segelas teh gratis
Bauran promosi adalah gabungan dari beberapa promosi dari satu produk sama agar promosinya dapat maksimal dan hasilnya memuaskan.
Hubungan promosi dengan penjualan yaitu promosi dapat meningkatkan angka penjualan. Pada umumnya setelah angka penjualan cukup tinggi, suatu badan produksi atau distributor akan mengurangi kegiatan promosi.
http://id.wikipedia.org/wiki/Promosi

TEMPAT USAHA YANG TIDAK MEMILIKI AMDAL

Ratusan Tempat Usaha di Depok Tak Miliki Amdal
Rabu, 22/09/2010, 16:39 WIB

BATASI KENDARAAN
Ratusan tempat usaha di Depok, Jawa Barat, tidak memiliki Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) sehingga dikhawatirkan bisa menyebabkan rusaknya lingkungan di sekitarnya.

"Setiap akan menjalankan usaha harus ada Amdal terlebih dahulu, jangankan gedung, bikin toko saja harus ada Amdal, untuk menyelamatkan lingkungan sekitarnya," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok Rahmat Subagyo, di Depok, Rabu (22/9/2010).

Menurut dia, Amdal diperlukan untuk mengecek pengaruh suatu tempat usaha atau proyek pembangunan terhadap lingkungan hidup di sekitarnya.

"Rata-rata bangunan yang tidak memiliki Amdal adalah toko atau tempat usaha yang sudah lama berdiri," jelasnya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya menghimbau pemilik usaha yang belum mempunyai Amdal untuk segera membuatnya, seperti diatur dalam Undang-Undang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup tahun 2009.

Dikatakannya Amdal dapat membantu mengetahui kelaikan lingkungan hidup dari sebuah proyek usaha.

"Tahun depan kami akan mulai memberlakukan Perda Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang juga akan membahas sanksi bagi mereka yang belum memiliki Amdal," katanya.

Rahmat menjelaskan pada 2011, Depok akan memiliki peraturan daerah (Perda) Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang akan mengatur larangan penggunaan air tanah secara berlebihan.

"Aturan tersebut terutama ditujukan untuk gedung-gedung bertingkat seperti apartemen dan pusat perbelanjaan," katanya.

Saat ini, kata dia, perda tersebut sudah masuk dalam tahap kajian dan siap diterapkan pada 2011.

"Kami sedang susun kajian bagaimana menjaga pengambilan air tanah tidak sembarangan," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya sudah mengundang pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk memanfaatkan 25 situ dan 13 sungai yang mengalir di Depok sebagai sumber air minum bagi gedung-gedung bertingkat.

"Situ bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sumber air bersih," katanya.  (Fat/At)

 

http://www.berita8.com/news.php?tgl=2010-09-22&cat=2&id=29423

SURAT IZIN TEMPAT USAHA

Surat Ijin tempat Usaha
    A. Dasar Hukum
    1. Peraturan Daerah Kabupaten Cianjur No.9 Tahun 1999 tentang Retribusi Ijin Peruntukan Gangguan / Ijin Tempat Usaha
    2. Keputusan Bupati Kabupaten Cianjur No.5 Tahun 2000 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Cianjur No. 9 tahun 1999 tentang Retribusi Ijin Peruntukan Gangguan / Ijin Tempat Usaha
    B. Ketentuan Umum
    1. Jangka waktu berlakunya Ijin Gangguan/Ijin tempat Usaha, ditetapkan selama usaha tersebut masih berjalan dan harus dilakukan pendaftaran ulang setiap 5 (lima) tahun sekali.
    2. Untuk permohonan daftar ulang dikenakan Retribusi sebesar 50% dari besarnya retribusi yang harus dibayar.
    3. Wajib retribusi yang tidak melaksanakan kewajibannya sehingga merugikan keuangan daerah diancam pidana kurungan paling lama 6 (enam) bulan atau denda paling banyak 4 (empat) kali jumlah retribusi terhutang
    4. Tindak pidana sebagaimana dimaksud di atas adalah pelanggaran.
    C. Persyaratan
    1. Data pemohon identitas pemohon yang dilengkapi dengan photo copy KTP dan pas photo ukuran 3 X 4 cm sebanyak 2 buah
    2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)/NPWP Daerah.
    3. SPPT PBB tahun terakhir
    4. IMB PIBM (untuk perusahaan besar dilampirkan peta situasi)
    5. Status Tanah (bila sewa kontrak, harus dibuktikan dengan surat sewa kontrak)
    6. Akte Pendirian bagi perusahaan dan badan hukum
    7. Surat Keterangan Tidak Sengketa dari Kepala Desa/ Kelurahan dan Camat Setempat
    8. Ijin Tetangga yang diketahui oleh Kepala Desa/ Kelurahan dan Camat Setempat
    9. Berita Acara pemeriksaan lokasi oleh Tim Pemeriksa Tingkat Kabupaten bagi perusahaan yang tingkat gangguannya sangat besar/tinggi
    D. Biaya Struktur dan besarnya tarif retribusi adalah :
    • Luas ruangan usaha X indeks lokasi X angka multiplikator X besarnya Tarif
    • Penetapan luas ruang usaha indeks lokasi, angka multiplikator dan tarif adalah sebagai berikut :
      1. Luas ruang usaha ditetapkan berdasarkan luas ruangan yang dipergunakan untuk usaha
      2. Indeks lokasi perusahaan ditetapkan sebagai berikut :
        • Indeks 3 � lokasi dipinggir jalan Negara/Propins
        • Indeks 4 � lokasi dipinggir jalan Kabupaten
        • Indeks 5 � lokasi dipinggir jalan Desa
      3. Angka Multiplikator perusahaan bagi yang menggunakan mesin atau tidak dibagi 3 (tiga) klasifikasi yaitu :
        • Angka multiplikator 5 untuk indeks Gangguan Besar
        • Angka multiplikator 4 untuk indeks Gangguan Sedang
        • Angka multiplikator 3 untuk indeks Gangguan Kecil
      4. Tarif dasar untuk perhitungan biaya ditetapkan sbb:
        • Luas ruang usaha sampai dengan 100 m2 sebesar Rp.500/m2
        • Selebihnya Rp.400/m2
    E. Lokasi Pengurusan
      Sekretariat Pelayanan Perijinan Satu Atap Jl.Raya Bandung No.65 Kec.Karangtengah Tel.(0263) 5024387 Cianjur 
       

TEMPAT USAHA

Disewakan tempat usaha di lokasi strategis di :
Perkantoran Duta Merlin
Blok F4
Jalan Gajah Mada 3-5
Jakarta Pusat

Ukuran ruangan: 3M x 5M.
Harga: 1,3 juta/bulan.
Untuk internet ada tambahan biaya.
Jam kerja 08.00 - 18.00.

Fasilitas dalam kompleks:
  1. Swalayan: Carrefour, Indomart
  2. Jasa Pengiriman: Tiki JNE
  3. Resturant: Rice-Bowl, Mister Bakso, Food Court.
  4. Bank: BCA, Mandiri dan BNI
  5. ATM dari berbagai bank seperti: BCA, BNI, Mandiri, BII,NISP, Niaga, dan Danamon
  6. Tour & Travel : Continental

Lokasi mudah dijangkau, ke tempat lain juga mudah.
Kompleks perkantoran Duta Melin di depan Harmoni Central Busway.
Untuk keterangan lebih lanjut hubungi Aris di 6816-1991 atau 0812-806-2772.

http://www.prowebpro.com/news/tempat_usaha.php

TEMPAT USAHA YANG DIGUSUR

Perajin kayu mengamuk di tempat usahanya di Bogor, Jabar.

Liputan6.com, Bogor: Seorang perajin kayu di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/3) mengamuk saat tempat usahanya akan dibongkar Satuan Polisi Pamong Praja setempat. Kericuhan pun tak terhindarkan terlebih saat petugas meminta pemilik bangunan segera meninggalkan lokasi. Seorang perajin itu tidak terima dan langsung emosi. Sontak, kejadian itu memancing perajin lain bernama Furqon yang saat itu juga menolak pembongkaran.

Furqon segera mengambil balok kayu, kemudian dilempar ke petugas di sekitar lokasi. Karena perbuatan perajin itu dirasa membahayakan, petugas dibantu kepolisian setempat menangkap Furqon untuk dibawa ke luar. Saat itu, keributan sempat berhenti sesaat.

Sewaktu perajin lain ikut protes menolak bangunan tempat usaha mereka akan dirobohkan, kericuhan hampir terulang. Kendati demikian, upaya tersebut tak menyurutkan petugas membongkar bangunan dari material kayu. Selain membongkar tempat perajin kayu balok, petugas meratakan sejumlah kandang ayam yang ditengarai tidak memiliki izin mendirikan bangunan atau IMB.(BJK/ANS)

TEMPAT CUCI MOBIL

Didi Syafirdi - detikNews
Jakarta - Tempat usaha pencucian mobil Car Wash Auto Bridal Club di Jl Kemang Raya No 41 Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, dibongkar Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B). 150 Meter dari 1.500 meter tempat usaha itu, tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

60 Petugas dari P2B, Satpol PP, dan kuli bangunan mulai membongkar tempat pencucian itu di lokasi kejadian, Kamis (5/8/2010). Satu persatu kontruksi bangunan di las dan nantinya bangunan itu akan dirobohkan. Tembok sekitar pencucian juga sudah mulai dihancurkan dengan menggunakan palu.

Tempat usaha itu belum beroperasi namun tiang hidrolik, selang untuk mencuci mobil dan atap sudah tersedia. Beberapa karyawan juga sudah masuk.

Kasi Penertiban Suku Dinas P2B Jakarta Selatan, Sugiarto mengatakan, tempat pencucian mobil ini membangun tanpa izin. Pihaknya sudah memberikan surat perintah pemberhentian pelaksanaan pekerjaan pada 9 Juli dan disegel pada 14 Juli.

"Namun kita tidak didengar dan mereka tetap menjalankan pekerjaannya. Makanya hari ini kita bongkar. Kepada pemiliknya kita sudah memberitahu," ujar Sugiharto.

Terhadap aksi ini, sejumlah karyawan hanya diam dan menunggu di luar tempat usaha itu. Pemilik tempat usaha itu tidak diketahui keberadaannya.
(nik/fay)

harga sembako di carrefour turun 30 persen

12 Harga Sembako di Carrefour Turun 30 Persen
Kamis, 22 Juli 2010 | 11:40 WIB
KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN
JAKARTA, KOMPAS.com - Dua minggu sebelum bulan puasa dimulai pada tanggal 10 Agustus nanti, PT Carrefour Indonesia menetapkan harga baru bagi 12 kebutuhan pokok.

Ke-12 bahan pokok itu antara lain ayam broiller, udang jerbung, hati sapi beku, teri medan, wortel lokal, tauge curah, dan tomat. Selain itu, harga baru juga berlaku bagi produk tomat, kentang granola, cabai merah keriting, cumi besar, gula jawa, dan sayur ikat.

Dibandingkan dengan harga yang berlaku sebelumnya, harga baru ini lebih hemat lebih dari 30 persen. Shafie Shamsuddin, Presiden Direktur Carrefour, menjamin, bahwa harga baru ini lebih murah dari harga di pasar modern lain.

Lanjut Shafie, program ini akan menguntungkan bagi pelanggan dan pemasok. "Ini akan menguntungkan pemasok karena kesempatan peningkatan penjualan terbuka lebar," ujar Shafie di Carrefour Lebak Bulus hari ini, Kamis (22/7/2010).

Carrefour bisa membanderol harga yang kompetitif ini karena sudah memperoleh harga tetap dari pemasok sejak tiga bulan silam. Harga tetap ini diperoleh melalui pembelian skala besar, 30 ton per bulan. Sekadar perbandingan, udang jerbung di Carrefour dijual Rp 33.880 per kilogram (kg). Dibandingkan dengan harga awal Juli (5/7-11/7), harga ini naik Rp 120 dari Rp 38.880 per kg. "Bandingkan dengan harga kompetitor yang bisa mencapai Rp 57.500 per kg," terang Shafie.
Lalu, cumi bangka dibanderol Rp 33.900 per kg, naik Rp 4.000 dari Rp 29.900 per kg. Sementara kompetitor menjual sampai Rp 44.990 per kg. Teri medan dijual Rp 79.000 per kg, naik Rp 9.010 per kg dari sebelumnya Rp 69.990 per kg. Sementara kompetitor bisa menjual teri medan sampai Rp 98.900 per kg. (Gloria Haraito, Asnil Bambani Amri/Kontan)

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/07/22/11400782/12.Harga.Sembako.di.Carrefour.Turun.30.Persen

harga gula pasir dan gula merah

Harga gula naik. Harga gula pasir dan harga gula merah naik di pasar. Apa penyebab harga gula Indonesia naik dan solusi terbaik kenaikan harga gula hari ini? Tips: tanya Seon Deok.


Kenaikan berapa harga gula hari ini bukan berita bagus bagi saya, seperti berita kenaikan harga tiket Oriental Circus Indonesia dan kurs dollar. Naiknya harga gula menyebabkan biaya kebutuhan rumah tangga naik sehingga harus menghitung ulang belanja bulanan dan dana investasi.

Bila harga gula pasir naik terus bisa berdampak buruk pada rumah tangga dan pemilik bisnis makanan, seperti Choky Sitohang. Walaupun harga gula Indonesia naik terus, jangan menurunkan kualitas gula, karena ini bukan tips makanan sehat dan tidak baik untuk business.

Pemerintah RI harus mencari informasi jawaban apa penyebab harga gula naik dan apa solusi kenaikan harga gula Indonesia? Bila penyebab harga gula pasir, harga gula merah, dan harga gula Jawa naik karena banyak penimbun gula, maka solusi kenaikan harga gula bisa tanya ke The Great Seon Deok Queen.

Deok Man pernah menghadapi naiknya harga beras karena ulah kaum bangsawan Korea yang menimbun beras. Minimnya persediaan beras di pasar menyebabkan harga beras naik. Bukankah hal ini sama dengan problem Indonesia saat ini? bedanya di drama Korea Queen SeonDeok yang naik harga beras dan di Indonesia yang naik harga gula pasir.

Berapa harga gula hari ini? harapan saya harga gula turun, lain dengan harga emas. Bila pemerintah bingung menangani kenaikan harga gula pasir, gula merah, dan gula Jawa di Indonesia, bisa nonton drama Korea Queen Seon Deok. Semoga bisa dapat solusi terbaik masalah kenaikan harga gula.


harga tembakau di madura

Surabaya - Surabaya Post
Setelah tahun lalu panen gagal total, harga tembakau di Madura tahun ini mencapai puncaknya, yakni Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per kilonya. Hanya saja, di saat harga yang cukup baik ini, malah pihak gudang menyetop pembelian, padahal masih cukup banyak tembakau yang ada di petani.
Halil, seorang petani tembakau asal Pakong, Pamekasan, Kamis (2/9) mengatakan bahwa saat ini harga tembakau cukup membaik, yakni di kisaran Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu. Dua tahun lalu harganya sekitar Rp 8 ribu hingga Rp 9 ribu.
Kenaikan harga ini memang cukup beralasan, selain karena nilai rupiah yang terpuruk, harga rokok sudah berkali-kali mengalami kenaikan.
Harga tembakau di Pamekasan, Madura, Jawa Timur dalam beberapa pekan terakhir tampak "melambung" hingga Rp 30.000/kilogram di tingkat bandol (pengepul) sehingga banyak gudang yang tak mampu membeli, bahkan beberapa gudang di antaranya sudah tutup tanpa alasan yang jelas.
Kepala Dinas Perkebunan, Ir A. Mawardi Ghufron, di Pamekasan, Kamis, mengatakan harga tembakau rakyat pada tahun ini memang cukup tinggi sehingga menguntungkan petani secara ekonomis, apalagi mereka umumnya hanya bersedia menjual dengan harga kontan.
"Tapi, secara pasar, hal itu memberatkan gudang karena harga di tingkat bandol saja sudah tinggi sehingga banyak gudang yang tutup karena tak mampu membeli. Namun, petani tak dirugikan," katanya.
Menurut dia, hal itu diperkirakan akibat tingkat spekulasi yang terlalu tinggi di tingkat bandol, padahal mereka sudah tahu jikalau pabrik hanya mampu membeli dengan harga maksimal Rp 22.500 per kilogram untuk tembakau rajangan kering.
Keterangan yang dihimpun Antara di lapangan menyebutkan bahwa para petani di Pamekasan mengaku resah atas ulah para bandol itu sebab para bandol banyak yang minta "uang pelicin" agar tembakaunya cepat ditimbang di gudang dan banyak pula di antara mereka yang "mempermainkan" harga dengan mengubah kualitas.
Secara terpisah, perwakilan Pabrik Rokok "Gudang Garam" di Pamekasan, Ny Mulya Jaya, mengaku tidak tahu alasan pimpinan perusahaannya menutup gudang sejak 29 Agustus lalu dan tak membeli tembakau lagi.
Harga tembakau di pasaran tampak bervariasi yakni berkisar antara Rp 18.000-Rp 32.000/kilogram. Untuk tembakau gunung (kualitas istimewa) harganya Rp 32.000/kg, tembakau tegal gunung Rp 25.000/kg, tembakau tegal Rp 22.000, tembakau tegal sawah Rp 20.000/kg, dan tembakau sawah Rp 18.000/kg. (fan) 



harga cabe yang melonjak

Harga Cabe Nyaris Duakali Harga Ayam

NURHANDOKO/"PRLM"
NURHANDOKO/"PRLM"
Harga cabai di Pasar Manis Kabupaten Ciamis terus melambung. Harga cabai merah sudah lebih mahal ketimbang harga daging ayam. Hari Kamis (8/7) harga cabai merah sudah menembus Rp 40.000 per kilogram, sedangkan daging ayam masih bertahan pada harga Rp 28.000.*
CIAMIS, (PRLM).- Harga cabe merah di pasar tradisional di Kabupaten Ciamis terus mengalami kenaikan. Sejak dua hari ini harga cabe merah bahkan sudah menembus Rp 40.000 per kilogram. Harga tersebut lebih mahal dibandingkan dengan daging ayam yang mencapai Rp 28.000 per kilogram.
Pantauan "PRLM" di Pasar Subuh dan Manis Ciamis, Kamis (8/7) menyebutkan, cabe merah masih cukup tersedia. Sejumlah pedagang mengatakan bahwa diperkirakan bakal terus naik. Selain cabe merah sejumlah komoditas hasil pertanian seperti sayuran juga naik.
Sebenarnya kenaikan harga cabe merah sudah berlangsung sejak pertengahan bulan Juni. Namun dalam dua hari terakhir mengalami lonjakan yang sangat tinggi, yakni dari Rp 35.000 per kilogram naik menjadi Rp 40.000 per kilogram. Demikian pula harga cabe hijau dari Rp 20.000 naik menjadi Rp 22.000/kilogram. Cabe rawit Rp 35.000/kilogram atau naik Rp 4.000 dari sebelumnya .
Sementara itu harga komoditas sayuran lainnya seperti kol, tomat juga naik berkisar antara Rp 400 - Rp 1.000 dari sebelumnya. Tomat Rp 5.000 naik dari sebelumnya Rp 4.000. Harga kol berkisar antara Rp 3.000 - Rp 3.500 per kilogram. Jengkol yang sebelumnya Rp 22.000 per kilogram naik menjadi Rp 24.000.
"Harga cabe sedang naik sekali. Dua hari terakhir sudah mencapai Rp 40.000 per kilogram. Padahal sebelumnya hanya Rp 35.000. Kami perkirakan keadaan ini akan bertahan sampai puasa," tutur Ny. Eneng (40) pedagang sayuran di Blok A Pasar Manis Ciamis.
Rata-rata per hari dia mampu menjual cabe sebanyak 10 kilogram. Barang tersebut dibeli dari pasar Cikurubuk, Tasikmalaya. "Dua hari sekali saya belanja cabe 20 kilogram di Cikurubuk. Sebelum harga naik maupun sekarang, 20 kilogram cabe dua hari pasti habis," tuturnya.
Kondisi berbeda dialami pedagang ayam. Naiknya harga ayam yang saat ini mencapai Rp 28.000 per kilogram, ternyata berpengaruh terhadap menurunnya pembeli. Menurut Muksin (39) pedagang ayam di Blok C Pasar Manis Ciamis, saat ini hanya memotong 40 ekor ayam per hari. Sebelum ada kenaikan harga, dia memotong sedikitnya 50 ekor ayam per hari.
Dia mengungkapkan harga ayam saat ini adalah paling mahal apabila dibandingan dengan waktu yang sama menjelang puasa tahun 2009. Pada saat itu, paling mahal hanya Rp 26.000 per kilogram. (A-101/das)***

http://www.pikiran-rakyat.com/node/117468

HARGA BERAS STABIL

KOMPAS/RIZA FATHONI

JAKARTA, KOMPAS.com — Harga beras dengan mutu sedang di Semarang, Jawa Tengah, selama satu pekan terakhir ini cenderung stabil di level yang tinggi. Pasalnya, tidak ada perubahan permintaan dan pasokan secara signifikan. Namun, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memperkirakan, seusai hari raya Lebaran mendatang harga beras akan mulai merangkak naik rata-rata Rp 200 per kg.

Saat ini harga beras jenis Mentik Wangi berada di kisaran Rp 7.500 per kg, Membramo Rp 7.000 per kg, C-4 super Rp 6.500 per kg, C-4 biasa Rp 6.000 per kg, dan beras Umbuk Rp 6.000 per kg.

Kestabilan yang sama juga ditemukan di pasar Kota Jambi masih stabil. Rata-rata harga berbagai merek beras yang dijual di tingkat pedagang pengecer masih stabil dan stok cukup memenuhi permintaan pasar. Selain hasil panen petani setempat, pasokan komoditas bahan pangan itu juga didatangkan dari Palembang, Lampung, dan Padang. Beras cap Tiga King masih tetap dijual Rp 6.750/kg, cap Ikan Belido Rp 7.400/kg, cap Anggur Rp 8.400/kg, beras IR 64 Rp 7.000/kg, dan beras IR 42 ditawarkan Rp 6.500/kg.

Sementara itu di Ambon, harga beras mengalami peningkatan hingga 19,77 % atau naik Rp 35.000 dibanding harga sebelumnya. Untuk beras SW (Sumber Wadung) dan cap Mangga isi 25 kg naik dari Rp177.000 menjadi Rp 212.000. Harga beras merek lainnya juga mengalami kenaikan serupa, antara lain Dewi Fortuna (25 kg) Rp 210.000, Dua Lonceng (20 kg) Rp159.000, Agung (25 kg) Rp 202.000, Bulir Mas (25 kg) Rp 210.000, Tiga Berlian (25 kg) Rp 172.000, dan Tawon (25 kg) yang mencapai Rp 212.000. Kenaikan harga ini disebabkan gagal panen akibat musim hujan yang berkelanjutan. (Femi Adi Soempeno/Kontan)


HARGA BERAS

KOMPAS/RIZA FATHONI

JAKARTA, KOMPAS.com — Harga beras dengan mutu sedang di Semarang, Jawa Tengah, selama satu pekan terakhir ini cenderung stabil di level yang tinggi. Pasalnya, tidak ada perubahan permintaan dan pasokan secara signifikan. Namun, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memperkirakan, seusai hari raya Lebaran mendatang harga beras akan mulai merangkak naik rata-rata Rp 200 per kg.

Saat ini harga beras jenis Mentik Wangi berada di kisaran Rp 7.500 per kg, Membramo Rp 7.000 per kg, C-4 super Rp 6.500 per kg, C-4 biasa Rp 6.000 per kg, dan beras Umbuk Rp 6.000 per kg.

Kestabilan yang sama juga ditemukan di pasar Kota Jambi masih stabil. Rata-rata harga berbagai merek beras yang dijual di tingkat pedagang pengecer masih stabil dan stok cukup memenuhi permintaan pasar. Selain hasil panen petani setempat, pasokan komoditas bahan pangan itu juga didatangkan dari Palembang, Lampung, dan Padang. Beras cap Tiga King masih tetap dijual Rp 6.750/kg, cap Ikan Belido Rp 7.400/kg, cap Anggur Rp 8.400/kg, beras IR 64 Rp 7.000/kg, dan beras IR 42 ditawarkan Rp 6.500/kg.

Sementara itu di Ambon, harga beras mengalami peningkatan hingga 19,77 % atau naik Rp 35.000 dibanding harga sebelumnya. Untuk beras SW (Sumber Wadung) dan cap Mangga isi 25 kg naik dari Rp177.000 menjadi Rp 212.000. Harga beras merek lainnya juga mengalami kenaikan serupa, antara lain Dewi Fortuna (25 kg) Rp 210.000, Dua Lonceng (20 kg) Rp159.000, Agung (25 kg) Rp 202.000, Bulir Mas (25 kg) Rp 210.000, Tiga Berlian (25 kg) Rp 172.000, dan Tawon (25 kg) yang mencapai Rp 212.000. Kenaikan harga ini disebabkan gagal panen akibat musim hujan yang berkelanjutan. (Femi Adi Soempeno/Kontan)


Jumat, 15 Oktober 2010

informasi produk

Chiki Chocolate Stick Strawberry Indofood Fritolay Makmur Snack Makanan Ringan

A. Informasi Produk
Nama Produk : Chiki Snack Chocolate Stick Srawberry
Co-Branding : Indofood Fritolay Makmur
Brand Induk : Chiki Snack
Kategori : Chocolate Stick Rasa Srawberry
Jenis Produk : Makanan Ringan / Snack
Kemasan : Plastik Berat Bersih 19,5 gram Isi 2 Stik Coklat
Warna Kemasan : Kuning, Merah, Putih, Latar Coklat Gelap
Komposisi : Jagung, beras, gula, lemak nabati, bubuk coklat, tepung susu, garam, pengemulsi nabati, perisa strawberry & susu, dan pewarna makanan ponceau Cl 16255, Karmoisin Cl 14720
Harga Perkiraan : Rp. 600,-
B. Foto / Gambar Produk
- Tidak Tersedia -
C. Informasi Nilai Gizi / Kandungan Nutrisi
- Tidak Tersedia -
D. Info Perusahaan
Perusahaan : PT. Indofood Fritolay Makmur Semarang 50185 Indonesia
Produsen : PT. Indofood Fritolay Makmur Semarang 50185 Indonesia
Website : www.indofood.co.id

http://organisasi.org/chiki-chocolate-stick-strawberry-indofood-fritolay-makmur-snack-makanan-ringan

macam-macam produk kredit

Macam-macam Produk Kredit
Jadi pembaca, selain bisa menyimpan uang di bank, Anda juga bisa meminjam uang di bank. Karena itu, tidak ada salahnya bila Anda berkenalan lebih dulu dengan produk-produk pinjaman (kredit) di bank. Siapa tahu Anda kelak memang perlu meminjam uang dari bank sehingga tulisan ini mungkin bisa menambah pengetahuan Anda mengenai hal itu.
Motif meminjam uang di masyarakat berbeda-beda. Ada orang yang meminjam untuk modal membuka usaha. Ada juga orang yang meminjam untuk renovasi rumah, beli mobil baru, beli komputer dan lain sebagainya. Perbedaan motif inilah yang lalu membuat bank kemudian mencipta-kan berbagai macam produk pinjaman. Masing-masing produk dibuat untuk memenuhi tujuan yang berbeda. Pada dasarnya, ada tiga macam produk kredit, yakni:
1. Kredit Usaha
2. Kredit Konsumsi
3. Kredit Serba Guna
Kredit Usaha adalah kredit yang digunakan untuk membiayai perputaran usaha atau bisnis sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang produktif, seperti usaha perdagangan, usaha industri rumah tangga, usaha jasa konsultasi, dan lainlain. Bila Anda memiliki usaha yang prospeknya kelihatan cukup cerah, Anda bisa datang kepada bank dan mengajukan permohonan untuk bisa mendapatkan pinjaman dana untuk usaha Anda.
Sedangkan Kredit Konsumsi adalah kredit yang digunakan untuk membeli sesuatu yang sifatnya konsumtif, seperti membeli rumah atau kendaraan pribadi. Dua kredit konsumsi yang biasanya cukup laris adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan. Tentunya, karena uang itu oleh nasabah akan digunakan untuk tujuan konsumtif, maka risiko bagi bank bahwa nasabahnya tidak mampu membayar pinjamannya akan menjadi lebih besar sehingga pada umumnya suku bunga yang dibebankan kepada nasabah untuk Kredit Konsumsi akan lebih besar ketimbang bunga kredit untuk tujuan usaha.
Selain dua jenis kredit tadi, ada pula Kredit Serba Guna. Seperti tertulis di namanya, Kredit Serba Guna adalah kredit yang bisa digunakan untuk tujuan apa saja, bisa untuk konsumsi maupun untuk usaha. Nah, salah satu produk kredit serba guna yang sering dipasarkan adalah Kredit Tanpa Agunan. Agunan adalah nama lain dari jaminan. Bukankah meminjam uang dari bank biasanya harus pakai jaminan?
Betul. Pada umumnya, bila Anda ingin mendapatkan kredit, Anda harus menjaminkan salah satu harta yang Anda miliki kepada bank sehingga apabila Anda tidak mampu mengembalikan pinjaman tersebut, bank akan menyita harta yang Anda jaminkan tersebut. Tentunya nilai Barang Jaminan itu harus lebih besar atau minimal harus sama dengan nilai uang yang Anda pinjam. Tapi pada produk Kredit Tanpa Agunan, Anda tidak harus menyerahkan Barang Jaminan kepada bank. Anda hanya disyaratkan untuk memiliki jumlah penghasilan tertentu setiap bulannya dan menyerahkan sejumlah bukti yang bisa menunjukkan bahwa Anda memang betul berpenghasilan sebesar jumlah yang disyaratkan.
Tentu saja, bagi bank bersangkutan, risiko gagal bayar dari nasabah akan menjadi lebih besar lagi karena bank tidak memiliki barang jaminan dari Anda dan bank juga tidak mengawasi akan digunakan untuk apa uang yang mereka pinjamkan kepada Anda itu (pada nomor-nomor mendatang kita akan membahas khusus tentang salah satu produk kredit tanpa Agunan yang sekarang sedang gencar dipasarkan di masyarakat).
Bagaimana? Tertarik untuk mencoba meminjam uang dari bank? Untuk konsumsi maupun untuk usaha, mungkin. (Kusuma Asda Sandra)

http://www.wealthindonesia.com/commercial-bank/macam-macam-produk-kredit.html

produk susu

Susu (sapi) tentu saja berbeda dengan susu ibu yang kandungan kalsium dan proteinnya tidak setinggi yang dikandung oleh susu sapi. Susu sapi didesain untuk pertumbuhan hewan supaya bertambah berat, bertulang kuat dan besar (meskipun tidak membuat hewan bertambah pintar). Susu Ibu didesain untuk pertumbuhan tubuh yang lebih kecil dan ringan dengan karbohidrat ekstra yang menyediakan energi yang diperlukan untuk pertumbuhan anak manusia sekaligus berfungsi untuk merangsang perkembangan otak yang lebih kompleks.

Tapi sekarang pengkonsumsian susu sapi yang sudah dimodifikasi dapat menyediakan manusia sumber-sumber nutrisi yang berkualitas tinggi. Susu sapi mengandung sekitar 87% air, 3.5% lemak, 3.5% protein, 4.9% laktosa (gula susu) dan 0.7% mineral (terutama kalsium, fosfor, dan potasium). [King Arthur 200th Anniversary Cookbook. p.580].

Mentega, keju dan krim (termasuk es krim) mengandung nutrisi yang banyak terdapat dalam susu tapi juga mengandung kalori yang banyak didapat dari lemak, jadi wajib dikonsumsi hanya dalam basis reguler.

Buttermilk: merupakan cairan yang tertinggal setelah mentega diolah yang mengandung karbohidrat dan kalsium tinggi dan laktosa yang manisnya sekitar satu per tujuh manisnya gula pasir. Tapi sekarang buttermilk juga sering terbuat dari yogurt dari culture atau starter yang dimasukkan ke dalam susu non-fat atau low-fat lewat pasteurisasi. Buttermilk memiliki tekstur yang rich dan creamy. Homemade buttermilk sama dengan cara membuat yogurt.

Keju: terbuat dari curd atau protein dalam susu yang dikombinasikan dengan lemak. Keju keras macam Cheddar, Romano, Parmesan, Swiss, dll., sangat kental yang mengandung lemak lebih dari 80%. Keju-keju jenis ini banyak mengandung protein tinggi, kalsium, dan vitamin A juga D. Keju yang diproses biasanya lebih rendah lemaknya ketimbang keju 'asli' meskipun lebih asin.

Krim: mengandung nutrisi seperti yang dikandung oleh susu itu sendiri (whole milk) tapi konsentrasi lemaknya lebih tinggi.

Cream Cheese: mengandung lemak berkisar sama dengan yang dikandung oleh mentega dan keju. Dalam 2 sdM cream cheese terkandung 100 kalori yang 90% berasal dari lemak. Selain itu cream cheese sedikit kandungan protein dan kalsium jika dibandingkan dengan keju.

Cottage Cheese: terbuat dari curds (bagian yang kental mengandung banyak protein dan kalsium, disebut juga dengan kepala susu) susu daripada whey (bagian yang cair yang terpisah dari kepala susu)

Clotted Cream: jenis krim ini tradisinya orang-orang di bagian Barat Celtic, Inggris yang dibuat dari susu mentah sapi Jersey yang mengandung persentase lemak yang sangat tinggi. Susu yang mengandung lapisan heavy cream di permukaannya dibiarkan 'matang' sekitar setengah hari dalam susu ruangan yang kemudian dihangatkan memakai api kecil hingga terjadi penggumpalan lemak di permukaannya. Gumpalan inilah yang nantinya diambil dan dipisahkan dari bagian yang cair dan disajikan dengan buah-buahan, trifle, scones, dll.

Susu Kental Manis: merupakan susu yang telah diproses dengan cara membuang cairan yang terdapat dalam susu lalu ditambahkan gula. Satu kaleng SKM setara dengan 2 ½ cup susu segar dan ½ cup gula (USA measurement), dengan demikian mengandung lemak tiga kali lipat dari protein dan vitamin A. Metode 'mengawetkan' susu ini dikenalkan oleh Gail Borden di tahun 1856 yang kemudian menjadi isu makanan pokok di kalangan prajurit-prajurit Civil War.

Evaporated Milk: seperti nama yang disandangnya, proses pembuatan susu jenis ini adalah dengan menguapkan cairan dalam susu (to evaporate: to remove moisture from (milk, vegetables, etc.), as by heating, so as to get a concentrated product. Webster Dictionary.). Susu jenis ini dapat digunakan sebagai pengganti krim dan sering digunakan dalam pembuatan sup dan saus.

Sour Cream: krim jenis ini merupakan versi buttermilk dan yogurt yang mengandung lemak tinggi. Dalam baking, krim ini memberi hasil produk yang kaya rasa dan lembut dikarenakan kandungan keasamannya sekaligus kandungan lemaknya yang tinggi. Krim ini dapat dibuat sendiri di rumah seperti membuat yogurt menggunakan krim segar dengan kandungan lemak sekurang-kurangnya 20% dengan buttermilk sebagai starternya. Biasanya akan set setelah beberapa jam.

Sour Milk: dibuat secara natural dari susu mentah yang tidak melalui proses pasteurisasi dan dibiarkan menjadi asam. Untuk membuat sour milk dari susu yang sudah dipasteurissi, campurkan 1 sdM cuka atau jus lemon dengan 1 cup susu. Biarkan hingga 5 menit hingga mengental.

Cream Chantilly: adalah nama lain dari krim yang diberi pemanis. Membuatnya cukup gampang, gunakan krim medium atau lemak tinggi (heavy cream), kocok hingga kaku, yang lalu ditambahkan 3-4 sdM tepung gula dan 1 sdt vanili atau ekstrak lainnya.

Yogurt: seperti halnya buttermilk, yogurt dibuat dari culture yang dimasukkan ke dalam susu yang sudah dipasteurisasi, baik susu rendah lemak atau skim. Bakteria yang digunakan serupa dengan yang bersemayam dalam usus kita sehingga yogurt dapat dengan mudah dicerna oleh sistem pencernaan kita. Yogurt juga dapat membantu pasien yang sedang mengkonsumsi tablet antibiotik supaya dapat menjaga bakteri-bakteri berguna dalam pencernaan tidak ikut dirusak oleh antibiotik.
Cara membuat yogurt: campurkan ½ - 1 cup susu bubuk tidak berlemak ke dalam ½ galon susu skim atau susu rendak lemak. Hangatkan hingga suam-suam kuku. Keluarkan 1 cup susu dan campur dengan 1-3 sdM yogurt tawar yang mengandung bakteri culture (acodhipillus). Campurkan campuran yogurt-susu ini ke dalam susu yang dihangatkan tadi, lalu tuang ke dalam toples atau botol yang bersih. Tutup lalu biarkan dalam suhu hangat (seperti saat kita menaikkan adonan roti) selama 3-5 jam atau hingga kental (tergantung dengan berapa hangat suhu udara di ruangan untuk 'mematangkan' yogurt).

http://klubberanibaking.blogspot.com/2007/11/macam-macam-produk-susu.html